counter hit

hotel Royal National in London
Powered by Best Free Counters

Selasa, 08 Februari 2011

komputer generasi pertama

Komputer Generasi Pertama (1940 s.d. 1959)
Komputer generasi pertama ini mempunyai ciri menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan daya yang sangat besar. Komputergenerasi pertama ini 100% elektronik.
Di Amerika, Howard H. Aiken (1900–1973) seorang insinyur Harvard bekerjasama dengan IBM berhasil mendesain kalkulator elektrik pertama yang diberi nama MARK I, yang memiliki ukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Komputer ini dapat melakukan perhitungan aritmatika dasar dan persamaan-persamaan yang lebih kompleks. Kelemahan dari komputer ini adalah operasinya yang lambat. Komputer ini telah bekerja berdasarkan komponen elektrik dan mekanik.



Tahun 1946 Dr. John Mauchly (1919-1995) dan Presper Eckert berhasil mengembangkan komputer ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). ENIAC terdiri dari 18.000
vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder, membutuhkan daya 175 KW dan sudah dapat menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored Program concept) yang dikembangkan oleh John Von Neuman. Pada pertengahan tahun 1940-an, Jhon Von Neuman (1903-1957), seorang matematikawan Amerika bekerja sama dengan University of Pensylvania merancang sebuah komputer yang disebut EDVAC (Electronic Discrete Variable
Automatic Computer), dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
Pada tahun 1951, Remington Rand mengembangkan UNIVAC I (Universal Automatic Calculator), Jumlah tabung vakum yang digunakan 5.000, ukuran 943 kaki kuadrat, berat 8 ton. Merupakan komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat
pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan
bisnis dan pemerintahan untuk pemrosesan data hingga tahun 1960.

1.  UNIVAC



2. EDVAC



3. ENIAC




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda