counter hit

hotel Royal National in London
Powered by Best Free Counters

Kamis, 17 Februari 2011

Materi kelas 9: Topology Ring

Topology Ring








bentuk topologi yang menyerupai cincin (ring) ini maka sinyal data akan bergerak searah dari satu perangkat ke perangkat lainnya sampai pada akhirnya berhenti di perangkat tujuan. Dengan kata lain, untuk mencapai perangkat D maka sinyal yang dikirimkan dari perangkat A harus melalui perangkat B dan C. sinyal akan semakin melemah apabila jarak yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan semakin jauh. Karenanya untuk mengatasi lemahnya sinyal data karena kemungkinan menempuh jarak di luar batasan yang dibolehkan, maka setiap perangkat pada topologi ini dilengkapi dengan sebuah repeater.
Dalam hal proses instalasi dan rekonfigurasi, Topologi Ring dapat dikatakan relatif mudah karena setiap perangkat (baik secara logik ataupun fisik) terhubung satu dan hanya satu dengan perangkat di sebelahnya.
Identifikasi kerusakan juga relatif mudah, karena sinyal data selalu bergerak terus dari perangkat pengirim sampai akhirnya berhenti di perangkat tujuan. Sehingga apabila selama perjalanan tersebut satu perangkat tidak menerima sinyal data dalam periode waktu tertentu maka operator jaringan akan diingatkan dengan munculnya Alarm yang menginformasikan masalah dan letak lokasinya.
Kelebihan topologi ring yaitu:

1. Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau kanan dari server .

2. Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat, karena data dapat bergerak ke kiri atau ke kanan.

3. Waktu untuk mengakses data lebih optimal.

Kelemahan topologi ring yaitu:

1. Penambahan terminal /node menjadi lebih sulit bila port sudah habis.

2. Jika salah satu terminal mengalami kerusakan, maka semua terminal pada jaringantidak dapatdigunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda